Selasa, 29 Mei 2012

kanker serviks


A.       Latar Belakang

Kanker serviks adalah keganasan yang berasal dari epitel pada serviks terutama pada daerah transformasi epitel gepeng serviks. Sebagian besar kanker serviks adalah epidermoid karsinoma (90%) sedangkan sisanya adalah adenokarsinoma. Angka kejadian kanker serviks yang cenderung meningkat seringkali berkaitan erat dengan infeksi Human Papilloma Virus (Robbins et al., 2007).

        Di Amerika insidensi kanker serviks telah menurun secara drastis dari 12.900 kasus menjadi 4400 kasus pada 2001. Sedangkan di Indonesia yang terjadi justru sebaliknya, kanker serviks menempati urutan kedua dari sepuluh besar keganasan pada wanita. Departemen Kesehatan RI melaporkan, penderita kanker serviks di Indonesia diperkirakan 90-100 di antara 100 000 penduduk per tahun (Robbins et al., 2007; Depkes RI, 2001).

Insidensi yang semakin menurun di Amerika tidak terlepas dari program skrining yang diadakan yaitu program Pap smear. Sedangkan masalah kanker serviks di Indonesia seringkali ditemukan pada stadium lanjut. Pengobatan kanker serviks akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika ditemukan pada stadium dini (Laila, 2001; Aziz, 2001).

Sebelum terjadi kanker serviks akan terjadi keadaan yang disebut lesi prakanker serviks. Lesi prakanker biasanya ditemukan pada wanita berusia 30 tahun, sedangkan kanker serviks ditemukan pada usia 45 tahun. Sehingga memerlukan waktu kurang lebih 15 tahun dari keadaan lesi prakanker menjadi kanker serviks (Aziz, 2001; Robbins et al., 2007).

Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk mendeteksi lesi prakanker serviks adalah Pap smear. Pemeriksaan ini telah dikenal sejak 1943 saat Papaniculauo dan Traut menerbitkan buku Diagnosis of Uterine Cancer by the Vaginal Smear. Pap smear didasarkan pada sel-sel epitel serviks yang mengalami deskuamasi (Indarti, 2001; Lestadi, 2009).

Sedangkan data yang dikumpulkan dari 13 laboratorium patologi anatomi di Indonesia menunjukkan bahwa frekuensi kanker serviks tertinggi di antara kanker yang ada di Indonesia maupun Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Ciptomangunkusumo. Akumulasi penyebaran kanker serviks sendiri terdapat di Jawa-Bali yakni 92,44% (Aziz, 2001).
Penelitian yang dilakukan oleh Iswara et al (2004),  mendapatkan hasil sensitivitas Pap smear sebesar 72,5% sedangkan spesifisitasnya sebesar 71,4%. Sedangkan penelitian sejenis belum ada di Lampung, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti sensitivitas dan spesifisitas Pap smear. 
Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk menjawab masalah yang dirumuskan dalam pertanyaan berikut:
1.      Berapakah nilai sensitivitas yang ditemukan dalam pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks?
2.      Berapakah nilai spesifitas yang ditemukan dalam pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks?

B.     Tujuan Penelitian
     
1.      Mengetahui nilai sensitivitas pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks.
2.      Mengetahui nilai spesifisitas pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks.

C.    Manfaat Penelitian

1.      Bagi peneliti, hasil penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai sensitivitas dan spesifisitas pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks.
2.      Bagi bidang keilmuan, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tentang kemampuan uji diagnostik Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks di Lampung.
3.      Bagi masyarakat, memperluas wawasan di bidang kesehatan dan memberikan informasi tambahan mengenai pentingnya pemeriksaan Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks yang biasanya timbul tanpa gejala yang khas.
4.      Bagi peneliti selanjutnya, sebagai acuan atau bahan pustaka untuk penelitian yang serupa.

D.    Kerangka Teori

Secara normal sel mukosa vagina dan ektoserviks ditutupi epitel gepeng berlapis tanpa keratin (noncornified stratified squamous epithelium). Susunan sel epitel tersebut terdiri atas:
1.      Sel lapisan basal, terdiri atas sel basal interna dan sel basal eksterna.
a.       Sel basal interna (sel basal): Sel-sel kecil berbentuk elips dengan sitoplasma sedikit dan kromatin grannuler dengan beberapa kromosenter.
b.      Sel basal eksterna (sel parabasal): Sel relatif kecil, bentuk bulat, dengan inti besar, letaknya ditengah, sitoplasma sedikit, padat, agak gelap, dan berwarna basofil (Lestadi, 2009).

2.      Sel intermedier: Sel lebih besar sedikit dari sel lapisan basal, inti lebih kecil (8 mikron), bulat, sitoplasma lebih banyak,dan berwarna lebih pucat (Lestadi, 2009).

3.      Sel lapisan superfisial (sel superfisial), terdiri atas sel epitel superfisial basofil inti besar dan sel epitel superfisial asidofil inti piknotik.
a.          Sel epitel superfisial basofil inti besar: Sel ukurannya besar, bentuk poligonal dan memiliki sitoplasma basofil.
b.         Sel epitel superfisial asidofil inti piknotik: sel ini memiliki sitoplasma asidofil dan inti-inti yang sudah piknotik (Lestadi, 2009).

Kelainan yang terjadi pada sel epitel gepeng tanpa keratin serviks biasanya terjadi karena infeksi HPV. Hubungan kuat antara infeksi HPV dan neoplasia serviks telah dibuat dan menggabungkan bukti-bukti eksperimen molekuler dan klinis menemukan tidak diragukan bahwa HPV secara langsung mempengaruhi patogenesis lesi prakanker serviks.

Mengingat saat ini penyakit kanker serviks di Indonesia masih menduduki peringkat kedua sebagai penyakit kanker yang terbanyak dijumpai pada wanita, dengan melakukan pemeriksaan Pap smear berarti telah melaksanakan usaha pencegahan dan deteksi dini kanker serviks. Di samping itu, tindakan ini dapat juga mendiagnosis adanya penyakit lain di dalam serviks, di antaranya infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang saat ini dinyatakan sebagai penyebab timbulnya lesi prakanker serviks (Disease Control Priorities Project, 2007; Lestadi, 2009).

HPV yang merupakan faktor inisiator dari kanker serviks yang menyebabkan terjadinya gangguan sel serviks. Onkoprotein E6 dan E7 yang berasal dari HPV merupakan penyebab terjadinya degenerasi keganasan. Integrasi DNA virus dengan genom sel tubuh merupakan awal dari proses yang mengarah transformasi. Integrasi DNA virus dimulai pada daerah E1-E2. Integrasi menyebabkan E2 tidak berfungsi, tidak berfungsinya E2 menyebabkan rangsangan terhadap E6 dan E7 yang akan menghambat p53 dan pRb. Hambatan kedua TSG menyebabkan siklus sel tidak terkontrol, perbaikan DNA tidak terjadi, dan apoptosis tidak terjadi. E6 akan mengikat p53 sehingga TSG p53 akan kehilangan fungsinya, yaitu untuk menghentikan siklus sel pada fase G1. Sedangkan onkoprotein E7 akan mengikat TSG Rb, ikatan ini menyebabkan E2F, yang merupakan faktor transkripsi sehingga siklus sel berjalan tanpa kontrol (Koss, 2006).

Sitologi ginekologik Pap smear adalah ilmu yang mempelajari sel-sel yang lepas atau deskuamasi dari serviks. Suatu pemeriksaan ginekologik harus dilengkapi dengan pemeriksaan sitologi Pap smear karena dari pemeriksaan ini diketahui ada tidaknya proses infeksi, kelainan prakanker atau kanker serviks (Lestadi, 2009).

Pemeriksaan Pap smear saat ini merupakan suatu keharusan bagi wanita, sebagai sarana pencegahan dan deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan ini seyogyanya dilakukan oleh wanita yang telah menikah sampai dengan umur kurang lebih 65 tahun bila dalam dua kali pemeriksaan Pap smear terakhir negatif dan tidak pernah mempunyai riwayat hasil pemeriksaan abnormal sebelumnya. Pemeriksaan ini harus dilaksanakan secara berkala minimal satu tahun sekali, walaupun wanita itu tidak mempunyai keluhan pada serviks, karena kanker serviks stadium dini biasanya tanpa keluhan dan dengan mata biasa tidak mungkin dapat dideteksi. Pemeriksaan skrining Pap smear secara berkala, diharapkan dapat menemukan lesi prakanker serviks yang belum menimbulkan gejala secara klinis, sehingga dapat dilakukan terapi dengan tuntas (Lestadi, 2009).

Bila sel yang tidak normal ditemukan maka akan terjadi lesi prakanker serviks. Pada lesi prakanker terdapat proliferasi sel-sel basal atipik yang memiliki rasio inti sitoplasma yang meningkat. Selain itu, sel terlihat hiperkromatik, sitoplasma basofil dan kadang bervakuolisasi.

Pemeriksaan Pap smear dititikberatkan pada mengenal dan mencari atau mendeteksi adanya sel-sel epitel gepeng atau epitel kelenjar yang atipik, yaitu sel-sel yang telah berubah bentuk dan besarnya menjadi sel abnormal. Pada tahun 2001 diadakan revisi Bethesda terhadap sistem pelaporan pemeriksaan Pap smear. Revisi ini bertujuan untuk mengganti sistem klasifikasi yang lama dan mempermudah korelasi sitologi dan histopatologi (Kurman, 2003).

Bila tidak ditemukan keadaan neoplasia dari pemeriksaan Pap smear maka hal ini dinyatakan dengan NILM. Keadaan ini terjadi karena dalam Pap smear tidak ditemukan perubahan seluler yang mengarah ke lesi prakanker serviks. Pembagian NILM berdasarkan ada tidaknya organisme (Candida spp., Actinomyces spp) ataupun agen non neoplastik lainnya (inflamasi yang diakibatkan penggunaan IUD atau radiasi) (Young et al., 2001).

Sedangkan neoplasia dari epitel gepeng serviks menurut klasifikasi Bethesda 2001 meliputi:

1.      Low-grade Squamous Intraepithelial Lesion (LSIL)/ mild dysplasia/ CIN 1
Gambaran sel-sel pada LSIL yaitu sel-sel besar poligonal berukuran sebesar sel intermedier normal dan sitoplasma basofilik atau orangephil (Wright et al.,2001).

2.      High-grade Squamous Intraepithelial Lesion (HSIL)/moderate and severe dysplasia/CIN 2 dan CIN 3
Sel-sel menunjukkan pembesaran inti nyata dan hanya lingkaran kecil sitoplasma yang terlihat jelas. Kromatin granuler atau menggumpal nyata, inti seringkali hiperkromatik dan membran inti ireguler (Wright et al., 2001).

3.      Squamous cell carcinoma.
Tumor ganas invasif menunjukkan perbedaan diantara sel epitel. Karsinoma mikroinvasif dapat didiagnosis dengan pemeriksaan sitologi, dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: sel-sel tersusun dalam lempengan, rasio nukleus sitoplasma tinggi, inti hiperkromatik dan kromatin menggumpal (Wright et al., 2001).
Penilaian keakuratan suatu uji diagnostik terbagi menjadi 2 bagian penting yakni sensitivitas dan spesifisitas. Sensitivitas adalah kemampuan Pap smear mengidentifikasi adanya lesi prakanker serviks sedangkan spesifisitas adalah kemampuan Pap smear untuk mengidentifikasi lesi prakanker serviks yang bernilai negatif (Sastroasmoro et al., 1995).



Text Box: Mukosa serviks,Text Box: Lesi Prakanker Serviks,Text Box: Protein E6 dan E7 HPV,Text Box: p53 dan Rb,Text Box: Kanker Serviks,Text Box: NILM,Text Box: Lesi Prakanker Serviks,Text Box: Pap Smear  









Gambar 1. Kerangka Teori








E.     Kerangka Konsep

 






Gambar 2. Kerangka Konsep


F.     Hipotesis
1.      Didapatkan nilai sensitivitas pada Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks.
2.      Didapatkan nilai spesifitas pada Pap smear dalam mengenali lesi prakanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar